Kamis, 04 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia pada Masa Kini

Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi Nasional


Bahasa adalah alat untuk menerangkan pikiran dan perasaan manusia dengan menggunakan alat ucap. Bahasa diperlukan dalam komunikasi sehari-hari, perdagangan, penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan kebudayaan. Peranannya tentu saja tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, sejauh apapun teknologi dan kebudayaan telah berkembang. Contohnya dalam suatu kelas yang berisi mahasiswa dari berbagai suku, kita tidak akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan semua anggota kelas jika menggunakan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia diresmikan ketika Ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928. Sejak saat itu bahasa Indonesia telah menjadi bahasa Nasional yang digunakan oleh seluruh warga mulai dari Sabang sampai Merauke.



Kita melihat peranan bahasa Indonesia akhir-akhir ini agak tergeser karena era globalisasi telah menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa perdagangan Internasional. Contoh nyata di sekolah-sekolah mulai dari PAUD telah diajari bahasa Inggris. Di sini menurut saya akan lebih efektif kalau kurikulumnya yang diperbaharui, bukan bahasanya. Pada dasarnya bahasa Indonesia berakar dari bahasa Melayu yang sudah digunakan sejak dulu sebagai bahasa perdagangan, memiliki kelebihan yaitu tidak mengenal tingkatan dan mudah dipelajari.Peranan bahasa Indonesia yang masih tidak bisa tergantikan sampai sekarang adalah sebagai bahasa resmi kenegaraan dan alat pemersatu antar anggota masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar